Piaget adalah salah satu pakar psikologi yang
telah mengembangkan teori perkembangan kognitif dan menjadi rujukan selama beberapa dekade terakhir ini. Dalam teorinya, Piaget membahas pandangannya tentang
bagaimana anak-anak belajar memahami lingkungan.
Menurut Jean Piaget, dasar belajar adalah aktivitas anak ketika berinteraksi dengan lingkungan
sosial dan fisik. Pertumbuhan
anak merupakan proses sosial. Anak
tidak berinteraksi dengan lingkungan fisiknya sebagai individu yang terbatas, tetapi sebagai bagian
dari kelompok sosial. Hal ini
menciptakan lingkungan sosial mereka
antara anak dan lingkungan fisik
mereka.
Bagaimana seorang anak berinteraksi
dengan orang lain memainkan peran penting dalam pengembangan citra alamnya. Dengan berbagi ide dengan orang lain, seorang anak yang sebelumnya memiliki visi subjektif dari
sesuatu yang mereka amati akan mengubah visi mereka menjadi objektif.
Dari perilaku.
Dalam perkembangan intelektual ada tiga hal penting yang menjadi perhatian Piaget, yaitu struktur, isi dan fungsi.
Struktur
Piaget percaya bahwa ada hubungan fungsional antara tindakan fisik, tindakan mental dan perkembangan logis anak. Tindakan mengarah pada operasi dan operasi mengarah pada pengembangan struktur.
Isi
Isi adalah pola perilaku khas
pada diri seorang anak yang tercermin dalam responsnya
terhadap berbagai masalah atau situasi yang dihadapinya.
Fungsi
Fungsi adalah sarana yang digunakan organisme untuk
maju secara intelektual.
Menurut Piaget, perkembangan kognitif bertumpu pada dua fungsi,
yaitu organisasi dan adaptasi.
1) Organisasi memberi setiap organisme kemampuan untuk menilai atau mengatur
proses fisik atau psikologis dalam
sistem yang teratur dan terkait.
2) Adaptasi terhadap lingkungan berlangsung
melalui dua proses, yaitu asimilasi
dan akomodasi.
Asimilasi adalah proses kognitif dimana seseorang mengintegrasikan persepsi,
konsep atau pengalaman baru ke dalam skema atau pola yang ada dalam pikiran mereka. Asimilasi dipandang sebagai
proses kognitif yang menempatkan dan mengklasifikasikan peristiwa atau rangsangan baru dalam skema yang ada.Asimilasi
tidak mengarah pada perubahan/perubahan skema, tetapi pada pengembangan skema. Asimilasi merupakan salah satu proses adaptasi individu dan pengorganisasian
terhadap lingkungan baru yang mengembangkan pemahaman orang tersebut.
Akomodasi adalah mengubah skema yang ada agar sesuai dengan situasi atau pola
pengetahuan yang baru. Dalam menghadapi stimulus atau pengalaman baru,
seseorang tidak dapat menyerap
pengalaman baru dengan skema yang sudah
ada. Pengalaman baru mungkin tidak kompatibel dengan skema yang ada. Dalam keadaan seperti
itu, orang akan melakukan
penyesuaian. Akomodasi terjadi untuk membuat skema baru yang sesuai
dengan stimulus baru atau untuk memodifikasi skema yang ada agar sesuai dengan stimulus.
Bagi Piaget, adaptasi adalah keseimbangan antara asimilasi
dan akomodasi, jika seseorang
tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dalam
proses asimilasi, maka akan terjadi ketidakseimbangan (balance).
Pertumbuhan intelektual ini merupakan proses berkelanjutan dari
ketidakseimbangan dan keadaan keseimbangan
(balance-equilibrium), tetapi ketika ada keseimbangan individu berada pada tingkat yang lebih tinggi
dari sebelumnya.
Ada beberapa konsep yang harus dipahami agar lebih mudah memahami
teori perkembangan kognitif Piaget, yaitu;
1) Intelegensi.
Intelegensi atau kecerdasan adalah suatu bentuk keseimbangan yang diorientasikan ke semua struktur yang
menghasilkan persepsi, kebiasaan, dan mekanisme sensorimotor.
2) Organisasi.
Organisasi adalah kecenderungan
umum dari semua bentuk kehidupan
untuk mengintegrasikan struktur psikologis dan fisiologis ke dalam
sistem yang lebih tinggi.
3) Skema.
Skema adalah struktur mental seseorang di mana dia beradaptasi secara intelektual dengan
lingkungan.Skema akan terus berubah selama perkembangan kognitif seseorang
mengalami proses adaptasi.
4) Asimilasi.
Asimilasi adalah proses kognitif dimana seseorang mengintegrasikan persepsi, konsep, atau pengalaman baru ke dalam skema atau pola yang ada dalam
pikiran mereka.
5) Akomodasi.
Akomodasi adalah pembuatan skema
baru atau modifikasi skema lama agar sesuai dengan stimulus
baru atau modifikasi skema yang ada agar
sesuai dengan stimulus yang ada.
6) Ekuilibrasi.
Ekuilibrasi adalah keseimbangan
antara asimilasi dan akomodasi