Mahasiswa PG PAUD STKIP Modern Ngawi Menjuarai Perlombaan “Learning Video Competition” Di Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Salah satu mahasiswa PG PAUD STKIP Modern Ngawi yakni Henik Lestari berhasil meraih juara runner up pertama lomba “Learning Video Competition”. Lomba ini diselenggarakan secara online oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Lomba yang diadakan pada tanggal 15 Agustus 2021 ini diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan program kerja HMPS Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Pada perlombaan learning video competition yang bertemakan “creative and innovative in pandemic”, Henik mengambil tema pembelajaran tema alam semesta subtema matahari. Sebagaimana tema yang diusungnya pada perlombaan, Henik membuat sebuah video pembelajaran tentang kolase matahari dengan memanfaatkan media daun kering. Henik menuturkan bahwa dimasa pandemic kita sebagai orangtua dan guru harus kreatif dalam membuat media pembelajaran bagi anak. Melalui pemanfaatan media yang ada dilingkungan sekitar maka guru dan orangtua dapat membuat sebuah pembelajaran yang menarik bagi anak tanpa mengeluarkan banyak uang dan mudah dicari.

Henik menuturkan bahwa video pembelajaran yang dibuatnya untuk kegiatan lomba ini memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulan dari pembelajaran ini adalah anak dapat belajar bentuk geometri dan belajar tentang tekstur benda yang dibuat untuk kolase. Lebih lanjut beliau menuturkan bahwa para orangtua dapat meniru kreativitas ini dirumah dengan menggunakan bahan alam lain yang ada di sekitar rumah seperti ranting pohon, bunga, rumput, dan bahkan media-media dari bahan bekas yang masih bisa dimanfaatkan untuk media pembelajaran anak. “Kreatifitas pendidik sangat diperlukan dalam pembelajaran di masa pandemi ini, agar anak tidak bosan dengan pembelajaran yang kaku” tutupnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *