Memaksimalkan Potensi Seni Pada Anak Usia Dini

Seni adalah sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan oleh anak dengan lebih banyak melibatkan kemampuan motorik, khususnya motorik halus.Pada kelompok usia 4-6 tahun pemenuhan kebutuhan anak untuk berekspresi itu mendapat bimbingan dan pembinaan secara sistematis dan berencana agar kesempatan berekspresi yang diberikan kepada anak benar-benar mempunyai arti dan bermanfaat baginya.Jika mulai sejak dini anak diberikan bimbingan dan pembinaan yang sebaik-baiknya untuk mengekspresikan dirinya secara kreatif dan menghayati emosi yang bergejolak dalam dirinya, maka daya fantasi atau imajinasi, daya kreasi dan perasaan estetis, anak memperoleh rangsangan untuk berkembang dengan anak.Setiap anak mempunyai keinginan untuk menciptakan  sesuatu.  Hasrat  dan  kemampuan  yang  ada dirangsang  dan dibina sehingga memperoleh kesanggupan untuk menciptakan sesuatu dan merasa puas akan hasil ciptaannya. Rasa puas akan hasil ini merupakan dorongan bagi anak untuk ingin selalu menciptakan sesuatu yang baru yang mendorong anak menjadi lebih kreatif.

Mendapatkan pendidikan melalui seni merupakan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Apalagi seni juga bisa dilakukan dibarengi dengan permainan, sehingga anak tentu tidak akan cepat bosan. Kegiatan yang berhubungan dengan seni merangsang anak untuk berimajinasi, memecahkan masalah, serta mengasah kemampuan anak untuk mewujudkan imajinasinya.Kesenian membuat anak fokus menyelesaikan suatu hal. Anak belajar untuk mematuhi aturan, mendengarkan penjelasan guru atau pembimbing, berkreasi, dan berusaha untuk menuntaskan hasil karyanya. Jadi anak tidak hanya bermain.Agar hasil karyanya mendapat pujian dari orang lain atau ketika anak menyukai hal-hal baru yang ia kerjakan, biasanya anak akan menjadi lebih tekun dan disiplin mempelajari hal tersebut.Dalam mengerjakan karya seni, anak belajar untuk mengerahkan dan berusaha menampilkan hasil karya yang dibuat olehnya. Ini membangun kepercayaan diri anak untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan apa yang ada dalam imajinasi mereka.

Dengan diadakannya program parenting dengan tema “Memaksimalkan Potensi Seni Pada Anak Usia Dini “cara ini diharapkan orang tua dapat memahami dan dengan sukarela ikut terlibat (berpartisipasi) dalam kegiatan yang akan membantunya dalam memperoleh pemahaman untuk mendidik anak dalam mengembangkan bakat seni pada anak di lingkungan rumah yang bersinergi dengan kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan. Program ini dibentuk Karena, banyaknya orang yang belum mampu menyeimbangi antara pendidikan disekolah dan pemahaman orang tua terhadap bakat seni pada anak usia dini. Mereka menganggap anaknya sudah cukup mendapatkan pendidikan hanya dengan dimasukkan ke dalam lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Seringkali orang tua menaruh harapan yang sangat besar kepada lembaga pendidikan sehingga berapa pun biaya akan dikeluarkan demi pendidikan anak mereka. Untuk mengatasi problem ini, yuk parents kepoin acara HMPS PG PAUD STKIP Modern Ngawi yang akan diadakan hari Jum’at 07 Mei 2021.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *