Penyelenggaraan PAUD Dimasa Pandemi

Pandemi akikbat covid 19 sudah hampir menginjak satu tahun melanda Indonesia. Semua jenjang Pendidikan ikut terdampak termasuk Pendidikan anak usia dini (PAUD). Prodi PG-PAUD STKIP Modern Ngawi ikut prihatin akan musibah pandemi covid 19. Jumat 19/2 Himpunan Mahasiswa Progam Studi PG-PAUD Ngawi mengadakan kegiatan webinar bertajuk penyenggelaraan PAUD dimasa pandemi.

Acara ini diselenggarakan menggunakan aplikasi Zoom Meet dengan preserta 150 orang dari berbagai daerah dan profesi. Banyak guru PAUD yang ikut berpatipasi dan mencurahkan kondisi pembelajaran saat pandemi di acara webinar tersebut. “Acara ini diakan dengan harapan dapat membantu guru merancang strategi Pendidikan anak usia dini dimasa pandemi covid 19” sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi PG-PAUD STKIP Modern Ngawi.

Pemateri yang menyampaikan adalah bapak Fajar Luqman Tri A., M.Pd. yang ahli di bidang PAUD. Pemateri berpesan agar lembaga tidak memberatkan anak dan orang tua saat pembelajaran daring. Banyak hal yang dapat diambil dari webinar kali ini diantara perlunya manajemen waktu dalam keluarga saat mendampingi anak belajar, dukungan orang tua saat anak belajar, sarana prasarana yang mudah didapatkan ketika di rumah dan tempat belajar yang strategis agar anak fokus saat kegiatan belajar daring.

Pemateri memberikan penguatan kepada peserta orang tua dan guru agar sabar dan telaten dalam mengadapi anak selama belajar daring. “Memang tidak mudah bapak ibu dan teman-teman menjadi sosok guru pengganti saat dirumah. Kuncinya konsisten dan sabar saat mendampingi anak belajar daring di rumah.”sambil senyum pamteri saat menyampaikan penguatan tersebut.

Acara ini diselenggarakan mulai pukul 14.00 sampai dengan 16.00 WIB. Peserta terlihat sangat antusias sampai acara berakhir. “Semoga acara seperti ini dapat rutin dilaksanakan meskipun secara daring” ungkap Siti Thoyyibah selaku pemandu acara dalam wenbinar sore itu. Acara webinar membahas tentang pembelajaran PAUD saat ini memang menjadi harapan bagi guru-guru PAUD (berdasarkan hasil survey melalui Google Form).

Acara daring memang tidak senyaman selayaknya acara seminar dengan tatap muka. Banyak kendala yang terjadi saat webinar berlangsung seperti halnya gangguan sinyal pada beberapa peserta webinar. Namun semua dapat teratasi dengan baik sampai berakhirnya acara webinar.

Acara webinar ini dilaksanakan secara gratis dan mendapatkan E-Sertifikat dari panitia. Semua peserta wajib mengisi absensi sebagai prasyarat mendapatkan E-Sertifikat tersebut. Panita sangat senang dan tampak bahagia bisa membantu guru-guru PAUD dalam mengatasi permasalah pembelaran selama pandemi  melalui kegiatan ini.

Ketua program Studi PG-PAUD Modern Ngawi menyampaikan bahwa “dari diadakkan kegaitan ini para peserta diharapan dapat memperoleh ilmu tentang penyelenggaraan PAUD di masa pandemi covid 19, acara ini merupakan bentuk implementasi dari matakuliah Program pengembangan PAUD yang diampu oleh pak Octa selaku dosen STKIP Modern Ngawi” sambutan ibu Arwendis Wijayanti M.Pd di awal pembukaan webinar.

Diujung acara, moderator menyimpulkan kegiatan webinar sore dengan kata-kata yang membuat kita menjadi paham bahwa masa kanak-kanak adalah masa emas. Jangan sampai kita melewatkan moment ini. Masa pandemi bukan menjadi musibah yang membawa dampak buruk. Kita bisa ambil hikmah dengan adanya musibah ini. Membuat kelekatan yang dulu hanya bisa dilakukan dihari libur saat ini bisa dilakukan disetiap hari akibat prosentasi kerja di kantor yang berkurang. Semoga wabah ini segera selesai dan bisa kembali normal seperti sediakala. “ aamiin jawab semua peserta webinar sebelum meninggalkan ruangan zoom Metting.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *