Sharing Time “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Sulap” Bersama Kak Thomas Balducci

Ahli Media Pembelajaran Anak Usia Dini Thomas Balducci
Kegiatan Daring Kuliah Tamu Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Sulap

Kuliah Tamu yang di adakan secara daring ini merupakan kelas pembuka mata kuliah Program Pengembangan PAUD yang diampu oleh Dosen PG PAUD STKIP Modern Ngawi yakni Octavian Dwi Tanto, M.Pd. Kegiatan ini diadakan untuk menstimulasi ketertarikan mahasiswa PG PAUD STKIP Modern Ngawi Semester 6 terhadap mata kuliah Program Pengembangan PAUD. Demi tercapainya tujuan tersebut, dosen pengampu mata kuliah ini mendatangkan pemateri ahli media yang sedang menempuh kuliah S3 di Universitas Negeri Jakarta yakni Thomas Balducci.

Di awal kegiatan ini, dosen pengampu memberikan materi pengantar terkait dengan tujuan spesifik diadakannya kegiatan kuliah tamu di matakuliah Program Pengembangan PAUD. Selaku dosen pengampu, beliau mengungkapkan bahwa harapan utama dari adanya kegiatan ini adalah agar mahasiswa memperoleh inspirasi dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi anak usia dini. Hal ini merupakan respon konkrit dari permasalahan pembelajaran daring PAUD di masa pandemi ini yang dikeluhkan karena terlalu membosankan.

Setelah dosen pengampu menguraikan materi pengantarnya, pemateri ahli kemudian memberikan penjelasan tentang bagaimana cara membuat media pembelajaran yang menarik dengan kemasan sulap. Penjelasan ini dipertegas dengan contoh teknis beberapa permainan sulap yang dapat diintegrasikan kedalam tema pembelajaran PAUD. Beberapa permainan seperti koran ajaib perubah warna air, kartu penerbang kertas, botol perubah grafitasi, dan jenis permainan sulap edukatif lain dimainkan dengan cara yang interaktif oleh pemateri ahli. Tidak cukup sampai disitu, beliau juga memainkan media pairing card yang telah dikembangkan melalui riset penelitiannya.

Kegiatan kuliah tamu yang diadakan di tanggal 22 januari 2021 ini berhasil menarik ketertarikan mahasiswa terhadap materi kuliah tamu ini. Mahasiswa terlihat antusias dengan kolaborasi materi yang dibawakan oleh dosen pengampu dan pemateri ahli media. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang membuat kegiatan diskusi antara mahasiswa, dosen pengampu, serta pemateri ahli berjalan dengan menyenangkan.

Di akhir kegiatan, dosen pengampu memberikan materi penguatan terkait manfaat kuliah tamu ini. Beliau menuturkan bahwa selain mendapatkan ilmu mengenai pembuatan dan pengimplementasian media pembelajaran berbasis sulap, mahasiswa juga dapat memanfaatkan materi kuliah tamu ini sebagai bahan inspirasi Skripsi. Mahasiswa dapat mengambil topik skripsi tentang implementasi media pembelajaran interaktif berbasis sulap yang memang lebih solutif ketika diterapkan pada pembelajaran daring anak usia dini di masa pandemi. “Pembahasan skripsi yang seperti ini, hasil akhirnya dinilai lebih dibutuhkan oleh para praktisi daripada pembahasan skripsi yang sifatnya hanya sekedar untuk formalitas saja” tutur beliau.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *